Nuryanti Noviana's Blog

GAMBARAN KESEHATAN JIWA PADA ANAK USIA SEKOLAH (6-12 TAHUN) DI SEKOLAH DASAR NEGERI SEMERU 7 KOTA BOGOR (BAB IV)

Posted on: April 24, 2010


BAB IV

METODELOGI

A. Desain Penelitian

Metoda penelitian deskriptif adalah suatu metoda penelitian yang dilakukan dengan tujuan utama untuk membuat gambaran atau deskripsi tentang suatu keadaan secara objektif. Metoda penelitian deskriptif digunakan untuk memecahkan atau menjawab permasalahan yang sedang dihadapi pada situasi sekarang. Penelitian ini dilakukan dengan menempuh langkah-langkah: pengumpulan data, klasifikasi, pengolahan/analisis data dan membuat kesimpulan dan laporan. (Metode riset keperawatan, 135)

1. Waktu dan Tempat

Waktu                : Bulan Juni 2010

Tempat               : Sekolah Dasar Negeri Semeru 7 Bogor

2. Populasi dan Sempel

a. Populasi

Populasi adalah kelompok elemen lengkap, yang biasanya berupa orang, obyek, transaksi, atau kejadian dimana peneliti tertarik untuk mempelajari atau objek penelitian. Populasi penelitian ini adalah :

  1. Populasi target : Murid kelas I di Sekolah Dasar Negeri Semeru 7 Bogor, berjumlah 34 orang.
  2. Populasi studi  : Murid-murid di Sekolah Dasar Negeri Semeru 7 Bogor.

b. Sampel

Sampel adalah merupakan bagian dari populasi yang karakteristiknya akan diteliti dan mewakili keseluruhan populasi.

a).   Jumlah Sampel : 34 Responden

Berdasarkan populasi yang ada dapat ditentukan jumlah sampel dengan pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan denga cara mengambil semua murid kelas I (Satu) di Sekolah Dasar Negeri Semeru 7 Kota Bogor, dengan sempel minimal 30 responden. Alasan penggunaan cara pemilihan sampel dengan accidental sampling dikarenakan selain untuk mencapai target minimal 30 sampel ( Widodo, 2003 ), juga untuk mempermudah dalam pengambilan dan pengumpulan data.

b).Karakteristik Sampel

Inklusi             : Murid kelas I di Sekolah Dasar Negeri Semeru 7                       Kota Bogor.

Eksklusi          :  Murid-murid di Sekolah Dasar Negeri Semeru 7 Kota  Bogor.

3. Cara Pengumpulan Data

Data yang didapatkan melalui observasi dengan cara Accidental Sampling.Yaitu mengambil kasus atau responden yang kebetulan ada atau tersedia.

Mula-mula peneliti mengidentifikasi semua karkteristik populasi, misalnya dengan mengadakan studi pendahuluan atau dengan populasi. Kemudian peneliti menetapkan berdasarkan pertimbangannya, sebagian dari anggota populasi menjadi sampel penelitian. Sehingga teknik pengambilan sampel secara Accidental Sampling ini didasarkan pada pertimbangan pribadi peneliti sendiri.

a. Pengolahan Data

Data yang terkumpul melalui observasi dan dipisahkan antara jumlah responden yang bermasalah dan yang tidak bermasalah.

b. Data Coding atau menkode data, dimaksudkan untuk menguantifikasi data kualitatif atau membedakan aneka karakter. Pemberian kode ini sangat di perlukan terutama dalam rangka pengelolaan data, baik secara manual, menggunakan kalkulator, maupun dengan menggunakan komputer.

c. Data editing atau mengedit data, di maksudkan untuk mengevaluasi kelengkapan, konsistensi dan kesesuaian antara kriteria data yang di perlukan untuk menguji hipotesis atau “menjawab” tujuan penelitian.

d. Data file, peneliti mengembangkan sesuai rencana hipotesis dan memberi nama variable sehingga dapat di baca oleh komputer.

e. Data cleaning, yaitu peneliti melihat distribusi frekuensi untuk mengetahui apakah sesuai distribusi frekuensi itu logis atau tidak, apabila ada outhers maka peneliti dapat melihat ulang kuesioner dan merevisinya. ((Sudarwan Danim, 2003 : 245)

5. Analisa Data

Data di analisa dengan menggunakan analisa univariat. Analisa univariat yaitu menganalisa satu persatu variabel untuk mengetahui gambaran kesehatan jiwa anak usia sekolah di Sekolah Dasar Negeri Semeru 7 Bogor. Analisa univariat didapat melalui perhitungan skor anak, dimana skor anak = (jumlah jawaban “kadang-kadang” X 1) + (jumlah jawaban “sering” X 2).

Bila skor  23 kemungkinan ada masalah kesehatan jiwa pada anak tersebut.

Bila skor  < 23 kemungkinan ada masalah.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: